Rabu, 26 Oktober 2011

Implikasi Penelitian


Tulisan saya ini merupakan jawaban untuk seorang teman yang sedang menulis Tesis di Jerman. Beliau bertanya kepada saya, apa sih implikasi penelitian? Alhamdulilah yah...saya berhasil menjawabnya dalam tulisan yang cukup panjang.
Implikasi dapat didefinisikan sebagai konsekuensi atau akibat langsung dari temuan hasil penelitian. Secara kebahasaan, implication berarti sudah tersimpul didalamnya secara tersimpul.  Sedangkan pengertian Consequences yang berarti sebagai akibat dari.
Dalam  konteks penelitian, implikasi dapat dilihat, kalau penelitian kita punya kesimpulan seperti “A”, so what gitu loh? Nah, “so what gitu loh?” Itu yang namanya implikasi penelitian. Sebagai contoh, hasil penelitian kita menemukan bahwa siswa yang diajar menggunakan metode jigsaw cenderung kreatif dan mempunyai social skill yang lebih baik. Hal ini berarti bahwa dengan jigsaw kita dapat mengharapkan siswa akan lebih kreatif dan mempunyai social skill yang bagus.
Implikasi penelitian, selanjutnya perlu dikaitkan dengan konteks penelitian yang dibangun. Misalnya, sampelnya kelas berapa? Berapa banyak sampel? Bagaimana karakteristik sekolah? bagaimana desain penelitian? Bagaimana materi yang diajarkan? Karakteristik guru? Media? Dll. Nah, implikasi penelitian seharusnya diberlakukan secara spesifik seperti pada karakteristik penelitian yang diangkat.
Sebagai contoh, siswa yang diajar menggunakan metode jigsaw menjadi lebih baik, kreatif dan mempunyai social skill pada siswa kelas X SMA Muhammadiyah kelas akselerasi, dengan materi pelajaran sosiologi, guru yang mengajar merupakan guru idola di sekolah tersebut. Implikasi penelitian yang dapat ditarik adalah,  metode jigsaw menjadikan siswa kreatif dan mempunyai social skill yang tinggi dengan kondisi pelajaran yang memerlukan pemahaman tentang pengetahuan kemasyarakatan (sosiologi), dengan diajar oleh guru yang dapat diterima dengan baik oleh siswa (idola). Karena metode jigsaw efektif, maka untuk siswa dengan karakteristik yang sama dan jika guru ingin hasil yang sesuai dengan penelitian ini, maka dapat melakukan modifikasi untuk meniru penelitian ini. 
Implikasi lain, dapat lebih lebar dari hasil kesimpulan tersebut. Contohnya, bagaimana kondisi siswa saat diajar menggunakan metode jigsaw, misalnya siswa menjadi lebih berani mengemukakan pendapat, siswa dapat belajar, tetapi ada beberapa hal yang kurang baik pada pemberlakukan teknik jigsaw seperti: molornya waktu yang diperlukan untuk pembelajaran, tidak semua siswa aktif, biaya yang diperlukan juga meningkat.
Dari implikasi, kemudian akan dirumuskan saran, misalnya: organisasi kelas lebih diperbaiki agar persoalan waktu dan siswa tidak semuanya aktif dapat diatasi.
Semoga bermanfaat…. ;)

Selasa, 18 Oktober 2011

Bidang Kajian Penelitian Bisnis

Bisnis adalah multi disipliner. Disana ada berperan ilmu ekonomi, manajemen, akuntansi, teknik, lingkungan, psikologi dsb.  Banyak pakar yang telah mendefinisikan topik tentang riset bisnis antara lain:



Aspek utama
Topik
Finansial dan akuntansi
è Peramalan kecenderungan bunga bank
è Kajian merger dan akuisisi
è Kajian resiko dan keuntungan
è Analisis portofolio
è Penentuan nilai  modal
è Penentuan BEP
è Analisis biaya
è Optimasi biaya produksi
Manajemen dan perilaku organisasi
è Manajemen mutu terpadu
è Kepuasan kerja
è Gaya kepemimpinan
è Produktifitas
è Ergonomik
è Efektifitas organisasi
è Kajian struktur organisasi
è Iklim organisasi
è Komunikasi organisasi
è Time and motion study
Pemasaran
è Potensi pasar
è Analisis pangsa pasar
è Analisis segmentasi pasar
è Efektivitas pemasaran
è Peramalan penjualan
è Kajian saluran distribusi
è Pengujian efektivitas produk baru
è Brand mapping
è Efektifitas periklanan
è Perilaku pembelian
è Kepuasan pelanggan

Secara lebih rinci, pertanyaan-pertanyaan seputar riset bisnis khususnya dalam bidang pemasaran diantaranya adalah:


Market segmentation studies
§ Who are my customers ?
§ What is the size of their population ?
§ Who many percentage in female ?
§ What are their age, races, income, educational level ?
§ What are their occupation, skills, interests and hobbies ?
§ Haw many children do they have ?
§ Do they have pets ?
§ Where do they live and work ?
Purchasing power and buying habits
§ How many rupiahs amount spent on purchases or products or services similar to mine ?
§ What is their current usage of my services ?
§ When do they purchase ?
§ Where do they shop ?
§ Why they decide to buy ? how often do they buy ?
§ How much do they buy at a time ?
§ Do they rent or own their home ?
§ What type of cars do their drive ?
§ How often do they eat out ?
§ How do they typically spend their disposable income ?
§ What methods of payment do they use ?
§ How strong is their credits ?
Psychological aspects of the markets
§ What reaction of the market to my programs or services ?
§ How does the market compare my company to others bussiness ?
§ What qualities and characteristic do my customer seem important ?
§ What are the deciding factor in making a purchase ?
§ Do their only want the best for their family ?
§ Are they looking for convience and time saving devices ?
§ Are they concerned with wow they are perceived by others ?
§ Do their demand incentives customer service ?
§ Are they only concerned with the lowest price ?
§ What medias are they exposed ?
§ What confuses my customers and prospects ?
Market place competition
§ Who are my primary competitors of the market ?
§ How do they compete with me ?
§ What are their strenghts and weakness ?
§ Are profitable opportunities base upon their weakness?
§ What are their market niche ?
§ What are makes my bussiness unique from the others ?
§ How do my competitors position them selves ?
§ Who their communicates their services to the markets ?
§ Who are their customers ?
§ How are their percieved by the market ?
§ Who are the industry leaders ?
§ What is their sales volume ?
§ Where are they located ?
§ Are they profitable ?
Environmental factors
§ What are the current and future population trends ?
§ What are the current and future socio-economic, political trends ?
§ What effect do economic-political policies have on the my target market ?
§ What are the growth expectations for my market ?
§ What out side factor influence the industry performance ?
§ What are the trend of this market and for the economy ?
§ Is the industry growing at the plateau or declining ?


Jumat, 14 Oktober 2011

DASAR –DASAR PENELITIAN BISNIS

A.    Definisi Penelitian Bisnis
Penelitian adalah penggunaan cara yang ilmiah untuk mendapatkan informasi yang benar. Penelitian disebut ilmiah jika dapat memenuhi beberapa syarat. Sistematis, artinya langkah–langkah yang ada dalam penelitian mempunyai struktur yang baik. Logis, dapat dipertanggungjawabkan secara akal sehat manusia. Empiris, adalah mengkaji hal yang nyata ada dalam permasalahan nyata/kelihatan.
Dunia penelitian telah berkembang pesat pada semua sendi kehidupan dewasa ini. Mulai dari bidang science, teknologi, sosial, olah raga, kesehatan, ekonomi, manajemen dan bisnis. Dunia bisnis pada akhir akhir ini mengalami perkembangan yang sangat pesar dalam aplikasi riset bisnis dalam aktivitasnya. Sekarang ini banyak lembaga konsultasi manajemen yang menggunakan teknik penelitian sebagai dasar pemberian konsultasinya, misalnya MARS, Frontier, Markplus, Accenture, Mc Kansey, sampai lembaga intra kampus seperti FE UI, FE UGM dll.
Penelitian, biasa disebut riset sehingga uraian selanjutnya akan menggunakan kata riset, dalam dunia bisnis dapat didefinisikan sebagai proses pengumpulan, pencatatan, dan analisis data yang sistematik dan obyektif untuk membantu dalam pembuatan keputusan bisnis. Tugas utama riset bisnis adalah mendapatkan informasi yang akurat yang akan digunakan dalam pembuatan keputusan bisnis. (Dermawan Wibisono, 2000:3).

B.     Tipe – Tipe Penelitian Bisnis

Ada banyak jenis tipe/jenis riset yang dikenal dalam metodologi penelitian, mulai dari deskriptif hingga eksperimen. Khusus untuk riset bisnis yang biasa digunakan ada beberapa:
1. Riset eksplaratoris (penjajagan)
Tujuan riset eksplaratoris adalah a) Untuk mendiagnosis situasi, dapat menjawab dengan berbagai alternatif; kondisi kerja, alternatif jenjang karir pegawai, segmentasi pasar b) Penyaringan berbagai alternatif; c) Penemuan berbagai gagasan baru.
 Teknik riset yang dapat dilakukan antara lain; survei pengalaman, analisis data sekunder, studi pendahuluan, studi kelayakan bisnis.
2. Riset deskriptif
Tujuan dari riset deskriptif adalah untuk menjawab pertanyaan – pertanyaan seperti siapa ?, apa ?, kapan ?, dimana ?. Alternatif teknik yang dapat dilakukan antara lain survei. Sebagai contoh riset ICSA (Indonesia Customer Satisfaction Awards) yang digagas Frontier bertujuan untuk mengetahui produk apa yang paling memberikan kepuasan kepada pelanggan.
3. Riset kausal
Tujuan dari riset ini adalah untuk mendapatkan hubungan sebab akibat, sebesarapa besar hubungan, pengaruh variabel, variabel yang paling dominan, efektifitas,   positioning. Alternatif yang dapat dilakukan adalah teknik ex post fakto dengan data primer maupun sekunder.



Referensi:
Dermawan Wibisono (2000) Riset Bisnis Yogyakarta: BPFE
Dindin Kusdinar (2002) Marketing Research, workshop diselenggarakan oleh Hima statistika UGM dengan AC Nielsen tanggal 22 September 2002