Senin, 29 Oktober 2018

Analisis yang terlalu sederhana

Seorang teman mengomentari ujian terbuka promosi doktor yang baru saja dihadirinya. Katanya, "ini sederhana banget lho". "Analisis gini aja sudah bisa jadi doktor", tambahnya lagi. Penasaran dengan perkataan itu, saya meminjam untuk membaca secara lebih detail ringkasan disertasi yang dihadirinya itu. Sekilas membaca ringkasan itu, saya berkomentar lha pantas saja sudah sederhana diluluskan karena kuliah sudah 6 tahun! Belum mungkin banyak cerita di balik proses pembimbingan yang mungkin sangat amat mengharukan. Jadi sekali lagi, pantas saja sudah diluluskan.

Mungkin kalau kuliah baru 4 tahun akan beda ceritanya. Jadi seorang mahasiswa dapat lulus itu salah satu faktornya adalah sudah terlalu lama kuliah. Dengan kata lain kuliahnya sudah melebihi batas masa studi. 

Faktor lain tentu ada juga, misalnya karena kedekatan dengan dosen. Misalnya ada mahasiswa yang membangun kedekatan dengan dosen dengan cara memfasilitasi ketika dosennya sendang tugas di Jakarta. Mulai dari penjemputan, sampai pengantara kembali ke bandara. Maka ketika ujian skripsi hanya perlu 10 menit untuk dinyatakan lulus.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar